SELAMAT DATANG DI KABAR MAHASISWA PAPUA

Breaking News

MERANTAU MEMBERI BANYAK PENGALAMAN HIDUP

Dok foto Bersama om
 Hamba Salmon Degei,S.Th dan Natalis Gobai dari pantai Hamadi saat Rekreasi Bersama Omku.


Jayapura Hamadi  PAPUAPOS.COM|  Foto ini merupakan kisah hidup, merantau bisa memberikan banyak pengalaman hidup? begitu juga yang saya rasakan ketika merantau di Jayapura sudah lebih dari 4 tahun ini ujarnya Jayapura 8/11/2019 lalu.

cita-cita yang tersemat di dalam dada, kami pergi merantau ke kota atau pulauseberang untuk menuntut ilmu. Awalnya kami ragu, seperti apakah kehidupan di ujung sana. Sementara di sini sudah nyaman dipelukan keluarga dan lingkungan yang nyaman. Bersiaplah, ada banyak pengalaman hidup yang bisa kami dapatkan sedang merantau dikota Holandia kini Jayapura.

Merantau Belajar hidup kemandirian membuat mentalmu terbentuk menjadi dewasa,Kami akan belajar mandiri dengan keadaan yang menuntut bertahan hidup dengan keadaan yang ada. Tak ada lagi keluarga dekat yang akan membantu setiap kesulitanmu. Ini akan membuatmu paham arti hidup yang sebenarnya Karena nantinya, semua orang akan menjalani hidupnya sendiri.

semua sikap akan kamu tanggung sendiri

Kalau di kampung halaman  akan mendapat perlakuan baik karena keluarga yang terkenal kaya dan terhormat,maka tentu saja di perantauan tidak akan ada yang mengenal seperti itu. Kami hadir di tengah masyarakat sebagai pribadi luar biasa mereka diutus kami tanpa memperhitungkan latar belakang keluargaku.

Kami akan bertanggung jawab atas segala sikap buruk yang kami lakukan. Untuk itu saat ini kami posisi dimerantau kami akan belajar bersikap baik, mengikuti aturan dimana kami berada. Tidak akan ada sikap sombong dan arogan yang dulu kami agungkan di daerah asal.

banyak teman dengan latar belakang yang berbeda

Kini Saatnya kami miliki merantau di tempat baru,  tidak mungkin akan bertemu dengan rekan-rekan seperjuangan yang juga merantau seperti dirimu di sini kami akan membawa diri pribadi untuk mengenal orang baru dengan segala latar belakang berbeda. Kebersamaan kita kondisi akan membuat pribadi menjadi  keluarga baru di perantauan.

Setelah saya tempuh pendidikan, berpikir kembali kampung halaman.

Ketika berada di daerah asalku, semua tampak biasa memiliki berbagai Keramaian di ujung jalan, suasana yang sepi biasa nikmati tak begitu berarti bagiku. telah jauh merantau meninggalkan daerah asalku, kami akan sering rindu dengan suasana Secara tidak langsung kami akan lebih mencintai daerah asal lebih dari orang-orang asli yang berada di sana.

pahit manis kehidupan akan kamu rasakan di perantauan

Tak jarang kekecewaan terhadap sesuatu saat merantau terjadi dan jadi bagian dari perjalanan hidup di perantauan,Kadang kami mendapat kondisi tidak nyaman yang tak sesuai dengan yang kam inginkan.tiap bulan yang dirasa kurang cukup untuk membeli keperluan pribadi dan harus mengikhlaskannya.sesuai kondisi  yang mengharuskan dan yang mengalami ketidaknyamanan lainnya.

Karya : Nato Awitoyai

No comments

TERIMAH KASIH SUDAH MENGUNJUNGI KABAR MAHASISWA PAPUA