SELAMAT DATANG DI KABAR MAHASISWA PAPUA

Breaking News

MENJADI MANUSIA

Metode menjadi seorang pribadi, Melalui Belajar, Menulis adalah jendela Dunia//dok Kmp
 


Opini oleh: N Gobai


SuaraMahasiswaPapua- Jayapura Minggu 25 Oktober 2020, "Kemampuan manusia menggunakan akal dalam memahami lingkungannya,merupakan potensi dasar  manusia mempunyai Berfikir," dengan Berfikir manusia menjadi mampu melakukan perubahan dalam dirinya,

"Berfikir memberi manusia untuk memperoleh pengetahuan, selanjutnya pengetahuan itu dapat menjadi fondasi penting bagi kegiatan berfikir yang lebih mendalam. Hal ini merupakan Makhluk yang bisa Berfikir dan berpengetahuan, dapat melanjutkan kehidupannya".

Dalam konteks yang lebih luas, perintah (baca dan menulis) lebih penting dan harus tertuan dapat dipahami dalam dorongan untuk berpengetahuan (berfikir/gunakan akal) dimaksudkan agar manusia dapat berubah dari tidak tahu menjadi tahu.

Dengan berfikir manusia mampu mengolah pengetahuan, pemikiran manusia menjadi makin mendalam dan makin bermakna, dengan pengetahuan manusia mengajarkan, dan mengembangkan,lalu mengamalkan serta mengaplikan melakukan perubahan ke arah kehidupan yang lebih baik.

Kemampuan untuk perubahan yang terjadi pada manusia merupakan makna pokok yang terkandung dalam kegiatan Berfikir. maka manusia dapat berkembang lebih jauh dibandingkan dengan lainnya, sehingga pengetahuan dapat berfungsi.

Pada dasarnya menggambarkan keagungan manusia berkaitan dengan karakteristik eksistensial manusia sebagai upaya memaknai kehidupannya dan sebagai bagian. Dalam konteks ini dibandingan dengan para mahasiswa/i telah banyak mengkaji perbedaan antara manusia dengan makhluk lainnya,

Memahami uraian di atas,maka nampak bahwa ada sudut pandang yang cenderung karena  merendahkan manusia, dan yang mengungkapkannnya, semua sudut pandang memang diperlukan untuk menjaga keseimbangan manusia.

Menyatakan bahwa  kita menunjukan manusia sebagai makhluk yang mempunyai sifat-sifat untuk  menunjukan kebesaran Sebaliknya adalah bahaya untuk menunjukan kerendahan, sudut kebesaran dan kelemahannya.


No comments

TERIMAH KASIH SUDAH MENGUNJUNGI KABAR MAHASISWA PAPUA