SELAMAT DATANG DI KABAR MAHASISWA PAPUA

Breaking News

Maikel Gobai Mengajak Saatnya OAP Kerja Berkebun Pencegahan Covid-19


Dok photo Maichel Gobai
Rakyat Papua mengajak kerja kebun
Pangan lokal Nabire 27 April 2020



Karya :Maichel Gobai


Nabire, 27 April 2020 kepada Media KabarMahasiswaPapua- Saatnya orang Papua kewaspadaan di sela penyebaran virus Corona atau yang di sebut covid 19, adalah krisis ekonomi. jayapura Senin 27/04/2020).,

 Di lihat dari perspektif   keputusan lock down dalam rangka pencegahan  penyebaran virus Corona yang di ambil oleh pemerintah provinsi Papua dengan  bertambahnya  37 hari sampai pada tanggal 24 mei 2020

Oleh sebab itu,   keputusan itu hanya urgensi oleh  perkembangan penyebaran virus Corona, untuk itu jika dalam 37 hari kemungkinan  bertambah Corona positif maka akan bertambah pula lock down guna pencegahan penyebaran virus Corona.

Dengan itu,  perkembangan   krisis ekonomi pun ikut merosot atau disparitas baik itu ekonomi di tingkat internasional, nasional maupun regiona.

Sehingga hal penting yang orang Papua kewaspadaan di sela penyebaran virus Corona tersebut  musim kelaparan.

Karena kan sementara ini, seluruh negara dunia  sedang mempertimbangkan kondisi krisis ekonomi global menuju regional.

Untuk itu, orang Papua harus berfikir dan kembali lokal pangan  untuk memberikan suatu kesadaran masyarakat dan lingkungan serta melawan ekonomi modernisasi nasional dalam rangka  menjaga ekonomi lokal.

Sehingga  dengan menghidupkan Ekonomi lokal,maka tentu secara tidak langsung akan sadar  mampu memberikan solusi untuk mengatasi pengaruh nasional dan internasional  akan secara otomatis mengembalikan masa komunal primitif .

Dengan demikian, perkembangan ekonomi lokal secara tidak langsung akan sadar  bahwa tentu saja akan membuat berpoteng dan berfikir untuk mengetahui modal hidup manusia sesuai dengan  pola hidup sehat,  lingkungan hidup untuk memberikan kontribusi terhadap kebiasaan gaya hidup Secara tradisional.

Oleh sebab itu, secara manusia yang berbangsa  ras Melanesia  perlu mengetahui bahwa di mana dan apa modal hidup kita berdasarkan manifesto nenek moyang kita dahulu.

Untuk itu, akan hal ini merupakan suatu kesadaran masyarakat untuk merebut hak kadaulatan dan kemerdekaan Papua barat.

Kesimpulan

 Ekonomi  negara making  merosot, maka perkembangan sejahteraan negara pun ikut dampak buruk,  sehingga gejala fenomena dampak krisis ekonomi negara menunjukkan bahwa rakyat Papua harus berfikir dan membangun suatu kesadaran rakyat  dan menuju membangun suatu kesadaran akan pentingnya ekonomi lokal  wujud manifesto politik Papua barat.

Sehingga berajak tulisan di atas ini  saya menyambung Lida tulisan  yang di posting oleh seorang Dewan Perwakilan Rakyat Papua Laurensius Kadepa menyatakan bahwa saat nya Indonesia harus berkebun , yang telah telah terbagi di media pada 1 hari belakangan ini .

Untuk itu, saya di serukan kepada seluruh akar rumput rakyat Papua harus kembali ke tempat modal hidup kita yakni semak belukar untuk berkebun.

Salam berkarya:

Yang penulis adalah mahasiswa yang kuliah universitas Yapis Papua UNIYAP Jayapura Papua.


Reporter administrator KabarMahasiswaPapua

No comments

TERIMAH KASIH SUDAH MENGUNJUNGI KABAR MAHASISWA PAPUA