SELAMAT DATANG DI KABAR MAHASISWA PAPUA

Breaking News

Jangan Asal Pilih Jurusan Kuliah Bagi Mahasiswa Baru.

Gerakana koyame berlangsung diskusi  malam minggu tanggal 16 juni 2019

Jayapura PAPUAPOS.com|Belasan Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Koyameetekup melakukan diskusi berbagi pengalaman dan sukses memilih tempat kuliah jurusan yang tepat, bersama mahasiswa baru.

Dewasa ini, untuk mendapatkan jaminan masa depan lebih baik, tidak cukup hanya lulus dan mengandalkan ijasah SMA atau jenjang sederajat lainnya. Survei dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan ke masyarakat sebagian besar mensyaratkan lulusan Strata-1 atau minimal Diploma 3 dengan bidang keahlian lebih spesifik.

Tentunya, hal ini mendorong masyarakat untuk memilih melanjutkan studi ke perguruan tinggi, baik perguruan tinggi di Papua maupun luar Papua. Namun, menentukan perguruan tinggi dan jurusan yang tepat bukanlah persoalan sepele. Hal ini disampaikan oleh Yunus Eki Gobai dalam pemaparan materi, Senin, (17/6/2019) malam.

Dijelaskan, seringkali ketiadaan informasi dan ketidaktahuan akan minat atau bakat kerap menyebabkan masalah dan penyesalan di kemudian hari.

Misalnya, perguruan tinggi pilihan ternyata kualitasnya tidak sesuai harapan, tidak dapat mengikuti materi kuliah dengan baik karena tidak tertarik di bidang pilihanya, serta tidak dapat menyelesaikan kuliah dengan baik ataupun diganjar drop out oleh perguruan tinggi tempat kuliah karena masa studi telah lewat atau indeks prestasi tidak mencapai standar yang ditetapkan. Karena itulah, pemilihan tempat kuliah dan jurusan yang tepat sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan.

Menurutnya, disajikan beberapa tips dalam menentukan tempat kuliah dan jurusan yang tepat agar sukses karir di kemudian hari dapat tercapai: 1 Kenali Minat dan Bakat, 2. tentukan diploma atau S1, 3. Tentukan lokasi kuliah dan dana, 4. Kenali perguruan tinggi dan jurusanya, 5. karir dan pekerjaan.

Yulianus Wakou Gobay Mahasiswa Uncen, Jurusan Ilmu Keolarahaan mengatakan, tugas senior wajib memberikan pandangan terhadap mahasiswa baru sebelum masuk pendaftaran kampus.

Misalanya, tugas senior wajib menanyakan kepada Mahasiwa Baru yang datang kuliah. Minat mereka mau daftar di Universitas mana. Lalu, senior mampu mengarahakan Kampus dan jurusan yang di setuji oleh mahasiswa baru.

Jadi, mahasiswa baru, membiasakan pergi ke Gramedia, perpusakan dan toko buku, dan membaca koran dan majalah. Hal ini dibiasakan maka, mendapatkan ilmu dan pengetahuan banyak.

Diskusi ini sangat penting bagi mahasiswa baru agar membuka wawasan itu mulai dari tempat gubuk,kelompok agar memiliki potensi. hal ini membuat kritisi yang kreaktif untuk mengembangkan kompotensi bagi mahasiswa memiliki bekal masa depan.

Mahasiswa Baru, Agus Gobay mengakatan, diskusi ini, memili reputasi mahasiswa yang profesi dalam diskusi ini untuk penentuan awal bagi kami mahasiswa baru menentukan masa depan dalam perkulian.
agar mudah menempu kasus pendidikan dalam pembianan  studi yang kita akan langka kedepan yang berproduktif.

Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih kepada pemantik yang mana memberikan pandangan pemilihan tempat kuliah dan jurusan yang tepat sangat menentukan masa depan kita, tutupnya

Admin

No comments

TERIMAH KASIH SUDAH MENGUNJUNGI KABAR MAHASISWA PAPUA